RANDOMIZED CONTROL TRIAL : EFEKTIVITAS EDUKASI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TERKAIT KEPUTIHAN

Penulis

  • Jasmine Khoirul Barriyah Poltekkes Kemenkes Bandung

DOI:

https://doi.org/10.69677/avicenna.v3i3.97

Kata Kunci:

Keputihan, Pengetahuan, sikap, remaja putri, Tiktok, media sosial

Abstrak

Latar Belakang: Masalah kesehatan reproduksi pada remaja sangat memerlukan penanganan serta perhatian yang sangat serius. Keputihan adalah salah satu masalah yang harus mendapat perhatian khusus. Mayoritas wanita sulit membedakan keputihan yang normal dan tidak normal. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas edukasi melalui media sosial atau sosial media TikTok dan ceramah terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri mengenai keputihan. Metode: Penelitian ini adalah uji coba terkontrol secara acak pada 76 remaja putri. Peserta dialokasikan menjadi dua kelompok yakni (kelompok intervensi Tiktok dan kelompok kontrol ceramah) dengan cara pengacakan sederhana, kelompok intervensi mendapat edukasi melalui media Tiktok, pengukuran pengetahuan dan sikap dilakukan sebelum dan sesudah intervensi menggunakan angket pengetahuan dan sikap. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Mann-whitney dan uji wilcoxon. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan dan sikap pasca intervensi. Peningkatan skor pengetahuan remaja pasca diberikan perlakuan pada kelompok intervensi p<0,001 dan kelompok kontrol p<0,001. Peningkatan skor. sikap remaja setelah pemberian perlakuan pada kelompok intervensi <0,001 dan kelompok kontrol <0,001. Simpulan: Edukasi di TikTok lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri mengenai keputihan. Media Tiktok dapat dijadikan salah satu alternatif untuk memberikan edukasi khususnya mengenai keputihan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-22

Cara Mengutip

Khoirul Barriyah, J. (2024) “RANDOMIZED CONTROL TRIAL : EFEKTIVITAS EDUKASI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TERKAIT KEPUTIHAN ”, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 3(3), hlm. 258–266. doi: 10.69677/avicenna.v3i3.97.