10.69677 Pengaruh Deep Back Massage dan Teknik Relaksasi Napas Terhadap Intensitas Nyeri Kontraksi Dalam Persalinan di Puskesmas Rancaekek DTP

Penulis

  • mutiara ariska Poltekkes Kemenkes Bandung
  • Neneng Widaningsih Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Poltekkes Kemenkes Bandung
  • Chris Sriyanti Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Poltekkes Kemenkes Bandung

DOI:

https://doi.org/10.69677/avicenna.v3i3.95

Kata Kunci:

Deep Back Massage, Deep Breathing

Abstrak

Latar belakang: Persalinan merupakan proses fisiologis yang dialami oleh setiap wanita. Dalam proses persalinan, ibu akan mengalami banyak hal, salah satunya adalah kontraksi uterus dan rasa khawatir atau cemas dalam menghadapi proses persalinan. Keluhan nyeri kontraksi saat persalinan, terutama pada kala I, terjadi pada 91,9% ibu. Jika nyeri tersebut tidak diatasi dengan baik, maka akan menyebabkan ibu tidak nyaman dan mudah lelah, sehingga sangat mempengaruhi proses persalinan saat mengeluarkan bayi nantinya sehingga diperlukan pencegahan untuk hal tersebut. Metode non farmakologi diperlukan untuk mengurangi nyeri kontraksi pada ibu post partum, salah satunya adalah teknik deep back massage dengan pernapasan dalam. Kombinasi tersebut dapat mengurangi nyeri yang dirasakan ibu. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh deep back massage dengan deep breathing untuk mengurangi nyeri kontraksi persalinan pada ibu bersalin. Metode: Studi kasus pada ibu nifas dengan menggunakan data elektronik berdasarkan mesin pencari Pubmed dan Google Scholar dengan tahun publikasi 2018-2024.. Hasil: Setelah dilakukan pijat punggung dalam dengan nafas dalam, ibu mengalami penurunan nyeri kontraksi persalinan. Simpulan: pijat punggung dalam dengan nafas dalam efektif dalam mengurangi nyeri kontraksi persalinan pada ibu bersalin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-22

Cara Mengutip

ariska, mutiara, Neneng Widaningsih dan Chris Sriyanti (2024) “10.69677 Pengaruh Deep Back Massage dan Teknik Relaksasi Napas Terhadap Intensitas Nyeri Kontraksi Dalam Persalinan di Puskesmas Rancaekek DTP”, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 3(3), hlm. 227–232. doi: 10.69677/avicenna.v3i3.95.