Formulasi Krim Antibaktri Ekstrak Etanol Bunga Kecombrang (Etlingera elatior (Jack) R.M.Sm.) Terhadap Propionibacterium acnes

Penulis

  • Iva Rinia Dewi
  • Indira Pipit Miranti
  • Amalia Difa Lestari

Kata Kunci:

krim, anti bakteri, ekstrak kecombrang

Abstrak

Latar belakang: Pengobatan jerawat dapat dilakukan dengan menurunkan jumlah koloni Propionibacterium acnes menggunakan antibiotik. Bunga kecombrang mengandung senyawa yang bersifat antibakteri seperti flavonoid, tanin, saponin, terpenoid dan minyak atsiri. Tujuan: PeneIitian ini adalah untuk mengetahui sediaan krim ekstrak etanol bunga kecombrang (Etlingera elatior (Jack) R.M.Sm.) mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Propionibacterium acnes. Metode: Jenis penelitian ini yaitu eksperimental menggunakan metode difusi sumuran dengan perbedaan konsentrasi. Konsentrasi ekstrak yang digunakan yaitu F1 = 5%; F2 = 10%; dan F3 = 15% dengan pembanding kontrol negatif = F0 dan kontrol positif = krim klindamisin. EvaIuasi fisik sediaan krim ekstrak etanoI bunga kecombrang terdiri dari uji organoIeptik, uji homogenitas, uji pH, uji daya sebar, uji daya lekat, uji tipe krim, dan uji stabilitas (centrifugal test). Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada evaluasi fisik sediaan krim ekstrak etanol bunga kecombrang menunjukkan adanya ketidakstabilan krim pada uji centrifugal test dimana terjadi pemisahan fase dan daya sebar krim yang kurang baik. Selanjutnya pada pengujian aktivitas antibakteri sediaan krim ekstrak etanol bunga kecombrang (F1; F2; dan F3) memiliki zona hambat sedang terhadap bakteri Propionibacterium acnes dengan rata-rata zona hambat terbesar yaitu F3 = 9,34 mm. Kesimpulan: sediaan krim ekstrak etanol bunga kecombrang (Etlingera elatior (Jack)R.M.Sm.) mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Propionibacterium acnes. Formulasi krim yang paling baik adalah 5%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-16

Cara Mengutip

Iva Rinia Dewi, Indira Pipit Miranti dan Amalia Difa Lestari (2023) “Formulasi Krim Antibaktri Ekstrak Etanol Bunga Kecombrang (Etlingera elatior (Jack) R.M.Sm.) Terhadap Propionibacterium acnes”, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 2(3), hlm. 30–39. Tersedia pada: https://jurnal.itk-avicenna.ac.id/index.php/jkma/article/view/59 (Diakses: 6 Juli 2024).