Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Dan Tingkat Pendapatan Dengan Angka Kejadian Stunting Anak Usia Balita Di Puskesmas Arso 3 Tahun 2024

Penulis

  • Elsye Gunawan universitas Cenderawasih
  • Hasna Universitas Cenderawasih
  • Irene Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.69677/avicenna.v3i2.91

Kata Kunci:

Tingkat pengetahuan, tingkat pendapatan, stunting, balita

Abstrak

Latar belakang: Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Provinsi Papua menduduki urutan ke 3 yang mengalami stunting di Indonesia dengan persentase 34,6%. Kurangnya zat gizi khususnya pada anak dapat menimbulkan dampak negatif baik dalam waktu jangka pendek (akut) dan jangka waktu yang lama (kronik). Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dan tingkat pendapatan dengan angka kejadian stunting anak usia balita di Puskesmas Arso 3 Tahun 2024. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu dan balita yang datang ke Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Arso 3. Responden dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel independen penelitian ini adalah tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dan tingkat pendapatan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah angka kejadian stunting. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan data antropometri balita dikonversikan ke dalam nilai terstandar (z-score). Data dianalisa menggunakan uji Chi-square pada aplikasi SPSS dengan standar p-value<0,05. Hasil: Dari 283 responden ibu dan balita terdapat 9,9% angka kejadian stunting pada penelitian ini. Analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dan tingkat pendapatan dengan angka kejadian stunting pada balita (p=0,001 ; p=0,047). Kesimpulan: Ada hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dan tingkat pendapatan dengan angka kejadian stunting.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-22

Cara Mengutip

Gunawan, E., Hasnawati dan Sondang Lingga, I. (2024) “Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Dan Tingkat Pendapatan Dengan Angka Kejadian Stunting Anak Usia Balita Di Puskesmas Arso 3 Tahun 2024”, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 3(2). doi: 10.69677/avicenna.v3i2.91.