Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Di Ruang ICU Rsud Bahtramas Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.69677/avicenna.v2i2.89Kata Kunci:
caring perawat, kecemasan, perilakuAbstrak
Latar Belakang: Unit Perawatan Intensif (ICU) merupakan salah satu unit penting dari rumah sakit independen dengan staf yang sangat terspesialisasi dan bahkan peralatan khusus. Pasien yang masuk di ruang (CU adalah pasien yang tentu membutuhkan segera perawatan medis, dan tentu membuat keluarga pasien menjadi cemas. Oleh karena itu, perilaku perawat dalam memberikan asuhan keperawatan sangat dibutuhkan untuk membantu meringankan kecemasan keluarga pasien. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pasien di ruang ICU di RSUD Bahtramas Tahun 2022. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan observasi untuk mendapatkan hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kecemasan keluarga pasien di ruang ICU di RSUD Bahtramas Tahun 2022. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 02 Oktober-02 November. Populasi yaitu keseluruhan yang menjadi objek penelitian, dimana pasien yang berada di ruang ICU sebanyak 550 keluarga pasien. sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 42 keluarga pasien di ruang ICU di RSUD Bahtramas. Hasil:. Dari hasil analisa yang di peroleh nilai p = 0,000, atau p < 0,05. dimana dari 42 responden memiliki Tingkat kecemasan tidak ada gejala yaitu 0 (0.0%), Tingkat Kecemasan Ringan yaitu 2 orang (2.5%), Tingkat Kecemasan Sedang yaitu 16 orang (34.5%), Tingkat Kecemasan Berat yaitu 17 orang (45.5%), dan Tingkat Kecemasan Sangat Berat yaitu 7 orang (17.5%). Kesimpulan: Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan antara perilaku Caring dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien di ruang ICU
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.