Hubungan Asupan Energi, Karbohidrat, Protein Dan Lemak Terhadap Status Gizi Atlet di SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Bahteramas Kota Kendari

Penulis

  • Erniati Institut Teknologi dan Kesehatan Avicenna
  • Murlan Institut Teknologi dan Kesehatan Avicenna
  • Darmin Institut Teknologi dan Kesehatan Avicenna

DOI:

https://doi.org/10.69677/avicenna.v3i2.79

Kata Kunci:

gizi, atlet, karbohidrat, protein, lemak

Abstrak

Latar Belakang: Untuk mencapai kesehatan yang optimal diperlukan perhatian terhadap keseimbangan antara energi yang dibutuhkan dan energi yang dikeluarkan. Karena kekurangan atau kelebihan nutrisi dapat menimbulkan dampak yang tidak diinginkan baik bagi kesehatan maupun perkembangan kinerja. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan energi, karbohidrat, protein, dan lemak dengan status gizi atlet. Metode: Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan menggunakan rancangan Cross sectional Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri Keberbakatan olaraga bahteramas kota kendari berjumlah 185 orang, dengan sampel sebanyak 40 orang yang dihitung menggunakan rumus slovin. teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Data asupan makronutrien dikumpulkan dengan metode recall 24 jam,  data aktivitas fisik dikumpulkan menggunakan form aktivitas fisik, dan  data status gizi dikumpulkan melalui pengukuran berat badan memakai alat pengukur tinggi badan mikroskopis yang dilakukan pada bulan September. 2023 data dianalisin dengan menggunakan uji chi-square. Hasil: uji statistik dipereolah bahwa asupan energi (p value = 0,000), asupan karbohidrat (p value = 0,000), asupan protein (p value = 0,079) dan asupan lemak (p value = 0,000). Kesimpulan: asupan energi, karbohidrat, dan lemak berhubungan dengan status gizi atlet, sedangkan asupan protein tidak berhubungan status gizi atlet.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-06

Cara Mengutip

Erniati, Murlan dan Darmin (2024) “Hubungan Asupan Energi, Karbohidrat, Protein Dan Lemak Terhadap Status Gizi Atlet di SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Bahteramas Kota Kendari”, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 3(2), hlm. 109–115. doi: 10.69677/avicenna.v3i2.79.