Hubungan Empati dan Keramahan Perawat terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Abeli

Penulis

  • Viki Marhadi Hasan Institut Teknologi dan Kesehatan Avicenna

Kata Kunci:

Kepuasan Pasien, Rawat Inap, Empati, Keramahan

Abstrak

Latar belakang: Sebagai salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan di puskesmas, terutama pada unit pelayanan rawat inap, unsur keperawatan sangat menentukan tinggi rendahnya kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas. Faktor kepuasan pasien dapat disebabkan oleh empati dan keramahan perawat saat memberikan asuhan keperawatan. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan empati dan keramahan perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Abeli Kota Kendari. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian cros-sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pasien rawat inap di Puskesmas Abeli sebanyak 48 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil: Hasil uji statistik chi-square menunjukan bahwa empati nilai p-value = 0,007 dan keramahan perawat dengan p-value = 0,006. Kesimpulan Artinya empati dan keramahan perawat memiliki hubungan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Abeli Kota Kendari

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-18

Cara Mengutip

Hasan, V. M. (2022) “Hubungan Empati dan Keramahan Perawat terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Abeli”, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 1(1), hlm. 35–42. Tersedia pada: https://jurnal.itk-avicenna.ac.id/index.php/jkma/article/view/7 (Diakses: 5 Oktober 2024).