Pengaruh Edukasi Pengetahuan Manajemen Perawatan Diri Terhadap Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Di Wilayah Kerja Puskesmas Konda Tahun 2023

Penulis

  • Nurdiana Teapon
  • Aidil Shafwan
  • Safaruddin Ahmad

DOI:

https://doi.org/10.69677/avicenna.v3i1.63

Kata Kunci:

diabtes mellitus, self-care, pengetahuan, olahraga

Abstrak

Latar Belakang: Perawatan diri pada pasien Diabetes Mellitus meliputi pengaturan diet, melakukan aktivitas fisik, dan pengetahuan tentang DM yang dapat mencegah peningkatan kadar glukosa darah pasien. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi pengetahuan manajemen perawatan diri terhadap pasien Diabetes Mellitus Tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Konda Tahun 2023. Metode: penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain exprement yaitu pretest dan posttest, dilakukan untuk mengungkapkan hubungan sebab akibat. Hasil: Berdasarkan hail uji statistic diperoleh bahwa ada pengaruh pemberian edukasi pengetahuan manajemen perawatan diri terhadap diet dengan nilai sig P value = 0,00 < 0,05, ada pengaruh pemberian edukasi pengetahuan manajemen perawatan diri terhadap olahraga dengan nilai nilai Sig P value = 0,00 < 0,05, ada pengaruh pemberian edukasi manajemen perawatan diri terhadap Pengetahuan DM dengan nilai Sig P value = 0,00 < 0,05. Kesimpulan: Dalam penelitian ini ada pengaruh yang signifikan pemberian edukasi pengetahuan manajemen perawatan diri terhadap diet, olahraga, dan pengetahuan DM di Wilayah Kerja Puskesmas Konda Tahun 2023.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-28

Cara Mengutip

Nurdiana Teapon, Aidil Shafwan dan Safaruddin Ahmad (2024) “Pengaruh Edukasi Pengetahuan Manajemen Perawatan Diri Terhadap Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Di Wilayah Kerja Puskesmas Konda Tahun 2023”, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 3(1), hlm. 1–6. doi: 10.69677/avicenna.v3i1.63.