PengaruhaPemberianaKompres HangataTerhadap WaktuaFlatus Pada PasienaPost OperasiaSectio CaesareaaDi Rsu Dewi Sartika Tahun 2023

Penulis

  • Desrianti
  • Syahruddin Sumera
  • Safaruddin Ahmad

Kata Kunci:

kompres hangat, flatus, post operasi, sectio casarea

Abstrak

Latar Belakang: Berdasarknadata WorldaHealth Organizationa (WHO), rata-rataaSectio Caesareaa (SC) 5-15% pera1000 kelahiranadi dunia, aangka kejadianadi rumahasakit pemerintaharata-rata a11%, sementaraadirumah sakitaswasta bisaalebih daria30%. Permintaan SC disejumlah Negara berkembang melonjak pesat setiap tahunnya. Indikasi untuk SC adalah disproporsi janin panggul 21%, gawat janin 14%, Plasenta previa 11%, pernah SC 11%, kelainan letak janin 10%, pre eklampsia dan hipertensi 7%, selainaitu menurutaWHO prevalensiaSC meningkata46% diaCina dana 25% dia Asia, Eropa, dan Amerika Latin. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kompres hangat terhadap waktu flatus pada pasien post operasi sectio caesarea di RSU Dewi Sartika. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian deskritif analitik dengan jenis quasy experiment. Rancangan penelitian ini ingin mengungkapkan hubungan sebab akibat pada kelompok yang dilakukan kompres hangat dengan kelompok yang tidak dilakukan kompres hangat. Hasil: Hasil penelitian yang dilakukan di RSU Dewi Sartika adaapengaruh pemberianakompres aira hangataterhadap waktuaflatus padaa pasiena post operasiasectio caesareaadengan nilaiap-value (0.00) a<0.05.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-16

Cara Mengutip

Desrianti, Syahruddin Sumera dan Safaruddin Ahmad (2023) “PengaruhaPemberianaKompres HangataTerhadap WaktuaFlatus Pada PasienaPost OperasiaSectio CaesareaaDi Rsu Dewi Sartika Tahun 2023”, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 2(3), hlm. 8–14. Tersedia pada: https://jurnal.itk-avicenna.ac.id/index.php/jkma/article/view/55 (Diakses: 6 Juli 2024).