Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Buton Utara
DOI:
https://doi.org/10.69677/avicenna.v2i2.49Kata Kunci:
kepuasan, aroma, penampilan, rasaAbstrak
Latar Belakang: Kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan gizi sangat mempengaruhi citra rumah sakit dan berimplikasi pada peningkatan kualitas rumah sakit. Rumah sakit Buton Utara telah memberikan pelayanan makanan yang terbaik dengan memberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Tujuan: penelitian ini bermaksud untuk mengetahui kepuasan pasien dalam pelayanan makanan di RSUD Buton Utara. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional study. Sampel adalah pasien rawat inap di ruang interna dan kebidanan Rumah Sakit Umum Daerah Buton sebanyak 53 orang. Pengambilan sampel dengan cara total sampling. Data dianalisis menggunakan uji paired t-test. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa adanya kepuasan pasien terhadap aroma sangat puas sebesar 75,5% pada p value 0,064, sehingga tidak ada perbedaan antara harapan dan kenyataan. Adanya kepuasan pasien terhadap suhu sangat puas 75,5% pada p value 0,083 sehingga tidak ada perbedaan antara harapan dan kenyaaan. Adanya kepuasan penampilan sebesar 98,1% dengan p value 0,322. Adanya kepuasan pada rasa sasnga puas sebesar 83% pada p value 0,064. Adanya kepuasan pasien terhadap tekstur puas sebesar 94,3% pada p value 0,083 dan adanya kepuasan terhadap waktu penyajian makanan sangat puas sebesar 98,1% pada p value 0,322 sehingga tidak ada perbedaan antara harapan dan kenyataan. Kesimpulan: tidak ada perbedaan harapan dan kenyataan terhadap aroma, suhu, penampilan, rasa, tekstur dan waktu penyajian makanan yang berarti bahwa pasien sangat puas terhadap pelayanan makanan di Rumah Sakit Umum Daerah Buton Utara
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.