Hubungan Pengetahuan, Sikap, Tindakan dan Sanitasi Lingkungan Terhadap Kejadian Penyakit TB di Wilayah Kerja Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Tahun 2022

Penulis

  • Nirwana
  • Indah Handriani
  • Rasma
  • Nurhayati Lalengaya

DOI:

https://doi.org/10.69677/avicenna.v2i1.38

Kata Kunci:

TB Paru, pengetahuan, tindakan, sikap, sanitasi lingkungan

Abstrak

Latar belakang: Tuberkulosis (TB) adalah suatu penyakit kronik menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, (Kemenkes RI 2019). Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, tindakan dan sanitasi lingkugan terhadap kejadian penyakit tuberkulosis (TB) di Wilayah Kerja Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Tahun 2022. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien tuberkulosis yang didiangnosa positif menderita tuberkulosis secara bakteriologis dan pasien suspek yang melakukan pemeriksaan  dan pengobatan di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari yang berjumlah sebanyak 92 orang dari bulan Januari- September 2022, dengan sampel sebanyak 75 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan rumus Slovin. Uji yang digunakan adalah chi square. Hasil: Hasil uji chi square test didapatkan nilai (p) =0,000 < 0,05 yang berarti bahwa ada hubungan anatara pengetahuan, tindakan sanitasi lingkunagn dengan kejadian penyakit TB di Wilayah Kerja Puskesas Puuwatu Kota Kendari Tahun 2022. Dan ada hubungan antara sikap dengan kejadian penyakit TB di peroleh nilai Sig. Asymptotic significance (2 sided) atau (p) =0,002 < 0,05 artinya bahwa ada hubungan anatara sikap dengan kejadian penyakit TB di Wilayah Kerja Puskesas Puuwatu Kota Kendari Tahun 2022. Kesimpulan: Artinya ada hubungan antara Pengetahuan, Sikap, Tindakan dan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Penyakit TB di Wilayah Kerja Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Tahun 2022.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-14

Cara Mengutip

Nirwana, Indah Handriani, Rasma dan Nurhayati Lalengaya (2023) “Hubungan Pengetahuan, Sikap, Tindakan dan Sanitasi Lingkungan Terhadap Kejadian Penyakit TB di Wilayah Kerja Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Tahun 2022 ”, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 2(1), hlm. 52–60. doi: 10.69677/avicenna.v2i1.38.