Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Tentang Higienis Saat Menstruasi Pada Siswa Tunagrahita
DOI:
https://doi.org/10.69677/avicenna.v4i3.250Abstrak
Latar belakang: Remaja putri tunagrahita memiliki keterbatasan dalam memahami dan menjaga kebersihan diri selama menstruasi, yang dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan reproduksi. Minimnya informasi dan belum adanya penyuluhan khusus di SLBN Banda Aceh menjadikan kebutuhan intervensi edukatif sangat penting. Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi terhadap pengetahuan remaja putri tentang higienis saat menstruasi pada siswa tunagrahita di SLBN Banda Aceh. Metode: Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental one group pretest-posttest tanpa kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah 30 siswi tunagrahita di SLBN Banda Aceh yang dipilih dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner pilihan ganda sebanyak 19 item untuk mengukur pengetahuan tentang hygiene menstruasi sebelum dan sesudah penyuluhan kesehatan reproduksi. Penyuluhan dilakukan melalui metode ceramah, leaflet, dan presentasi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan responden setelah dilakukan penyuluhan. Sebelum intervensi, seluruh responden (100%) berada pada kategori pengetahuan kurang, namun setelah intervensi, 60% meningkat ke kategori baik. Hasil uji paired t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan nilai p = 0,001 (p < 0,05), yang berarti penyuluhan kesehatan reproduksi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pengetahuan tentang hygiene menstruasi pada remaja putri tunagrahita. Simpulan: Penelitian ini terdapat peningkatan pengetahuan remaja putri tunagrahita setelah diberikan penyuluhan kesehatan reproduksi. Penyuluhan yang diberikan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri saat menstruasi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







