A Studi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia: Literatur Review

Kualitas Pelayanan Kesehatan

Penulis

  • Dewi Agustina
  • Dea Rizka Ananda Pulungan
  • Dewi Syahfitri
  • Dhea Salsabila Br. Sitepu
  • Difa Adelia

DOI:

https://doi.org/10.69677/avicenna.v4i2.139

Abstrak

Kualitas dalam pelayanan kesehatan mencakup dua aspek: mutu teknis (klinis) yang berfokus pada keterampilan, akurasi prosedur, dan diagnosis medis; serta mutu fungsional (non-klinis) yang lebih menitikberatkan pada cara layanan kesehatan diberikan. penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan kebijakan dan prosedur pelayanan kesehatan. Studi ini menyelidiki peningkatan kualitas layanan kesehatan menggunakan metodologi tinjauan pustaka. Sebanyak 18  artikel yang diterbitkan antara 2019 hingga 2024, yang diperoleh dari database Google Scholar. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan juga sangat dipengaruhi oleh integrasi antara aspek teknis dan non-teknis dalam pelayanan. Tidak cukup hanya memperbaiki fasilitas atau mempercepat proses administratif, tetapi perlu dibarengi dengan sikap empatik, komunikasi yang baik, dan keterlibatan aktif pasien dalam proses pelayanan. Kualitas pelayanan kesehatan memainkan peranan yang sangat krusial dalam menentukan kepuasan pasien dan memengaruhi kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30

Cara Mengutip

Dewi Agustina, Dea Rizka Ananda Pulungan, Dewi Syahfitri, Dhea Salsabila Br. Sitepu dan Difa Adelia (2025) “A Studi Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia: Literatur Review: Kualitas Pelayanan Kesehatan”, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 4(2), hlm. 120–131. doi: 10.69677/avicenna.v4i2.139.