10.69677 Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Dukungan Keluarga Terhadap Minat Remaja Mengikuti Posyandu Remaja di Wilayah Kerja Puskesmas Atari Jaya Kabupaten Konawe Selatan

Penulis

  • I Gede Sunata yasa Institut Teknologi dan Kesehatan Avicenna
  • Ainurafiq Institut Teknologi dan Kesehatan Avicenna
  • Indah Handriani

DOI:

https://doi.org/10.69677/avicenna.v3i3.107

Kata Kunci:

pengetahuan, sikap, dukungan keluarga, minat, posyandu remaja

Abstrak

Latar Belakang: Posyandu remaja merupakan salah satu upaya pelayanan kesehatan yang penting dalam mendukung kesehatan fisik dan mental remaja. Namun, partisipasi remaja dalam kegiatan ini sering kali rendah. Pengetahuan, sikap, serta dukungan keluarga diduga berperan penting dalam meningkatkan minat remaja untuk mengikuti posyandu remaja. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengetahuan, sikap, dan dukungan keluarga dengan minat remaja dalam mengikuti posyandu remaja di wilayah kerja Puskesmas Atari Jaya Kabupaten Konawe Selatan. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 18 Juli-2 Agustus 2024 di Puskesmas Atari Jaya Kabupaten Konawe Selatan. Populasi dalam penelitian sebanyak 641 orang, sampel dalam penelitian ini adalah 86 responden yang diambil dengan Teknik simple random sampling. Pengukuran variabel penelitian menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil pengukuran data kemudian diolah dan dianalisis menggunakan aplikasi spss versi 25.0 dan diuji menggunakan uji chi-square. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan remaja tentang posyandu remaja dan minat untuk mengikutinya (p-value = 0,014). Sikap positif terhadap kegiatan posyandu remaja juga berhubungan signifikan dengan minat remaja (p-value = 0,00). Selain itu, dukungan keluarga yang baik secara signifikan meningkatkan minat remaja untuk mengikuti posyandu remaja (p-value = 0,002). Kesimpulan: Pengetahuan, sikap, dan dukungan keluarga berperan penting dalam meningkatkan minat remaja untuk mengikuti kegiatan posyandu remaja. Upaya peningkatan pengetahuan remaja dan penguatan dukungan keluarga sangat diperlukan untuk meningkatkan partisipasi remaja dalam posyandu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-22

Cara Mengutip

I Gede Sunata yasa, Ainurafiq dan Indah Handriani (2024) “10.69677 Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Dukungan Keluarga Terhadap Minat Remaja Mengikuti Posyandu Remaja di Wilayah Kerja Puskesmas Atari Jaya Kabupaten Konawe Selatan”, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 3(3), hlm. 233–241. doi: 10.69677/avicenna.v3i3.107.