Pengaruh Penggunaan Chatbot Cinta SADARI Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Mengenai SADARI Kelas IX MTsN 2 Kota Bandung

Penulis

  • Putri Sulistyowati Poltekkes Kemenkes Bandung

DOI:

https://doi.org/10.69677/avicenna.v3i3.102

Kata Kunci:

SADARI, Chatbot Cinta SADARI, Pengetahuan dan Sikap

Abstrak

Kanker payudara adalah penyebab paling umum kedua kematian akibat kanker di kalangan wanita di dunia. Deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan sejak remaja karena kurun waktu terjadinya kanker payudara cukup lama dan tidak diketahui kapan sel tersebut aktif menjadi kanker. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan informasi bahwa pengetahuan dan sikap remaja mengenai SADARI masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap yaitu dengan memberikan pendidikan kesehatan. Chatbot merupakan suatu metode baru dalam memberikan pendidikan kesehatan yaitu dengan menggunakan aplikasi yang dapat menjawab pertanyaan dengan sistem dan dapat mencantumkan video serta gambar di aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan chatbot cinta SADARI terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri mengenai SADARI kelas IX MTsN 2 Kota Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design, dengan rancangan nonequivalent control group design. Penelitian ini mengalokasikan 62 siswi kelas IX MTsN 2 Kota Bandung untuk mendapatkan pendidikan kesehatan menggunakan media chatbot dan e-leaflet. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan quota sampling. Hasil uji mann whitney pengetahuan diperoleh p value = 0,032 (<0,05) dan sikap diperoleh 0,001 (<0,05). Berdasarkan hasil secara inferensial dengan uji mann whitney dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara media chatbot dengan e-leaflet dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap mengenai SADARI. Chatbot cinta SADARI berpengaruh meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri mengenai SADARI kelas IX MTsN 2 Kota Bandung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-22

Cara Mengutip

Sulistyowati, P. (2024) “Pengaruh Penggunaan Chatbot Cinta SADARI Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Mengenai SADARI Kelas IX MTsN 2 Kota Bandung”, Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna, 3(3), hlm. 327–339. doi: 10.69677/avicenna.v3i3.102.