Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan Dimasa Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Kabupaten Konawe Selatan
Kata Kunci:
Quality of service, Hospital, Pandemic, Covid-19Abstrak
Latar belakang: Prevalensi Pandemi Covid-19 berdampak besar diberbagai lini kehidupan manusia, termasuk didalam bidang kesehatan dalam hal ini pelayanan rumah sakit. Perubahan yang terjadi pada pelayanan kesehatan akibat dari pandemic covid-19 mengharuskan tenaga kesehatan untuk dapat menyesuaikan diri sesegera mungkin, mulai dari pola interaksi anata perawat dan pasien, penggunaan APD bahkan implementasi panduan protocol covid19. Kebiasaan baru ini diduga dapat berimbas kepada mutu layanan kesehatan rumah sakit. Tujuan: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui gambaran Mutu layanan Kesehatan dimasa Pandemi Covid-19 di RS Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2021. Metode: Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap dan rawat jalan di RSD Kabupaten Konawe Selatan. dan berdasarkan data yang diperoleh sampai dengan bulan Juli 2021 sebanyak 147 pasien. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah pasien yang sedang memanfaatkan unit rawat inap dan rawat jalan di RSD Kabupaten Konawe Selatan sebanyak 60 responden. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Data penelitian diolah dengan uji statistik deskriptif. Hasil: Hasil penelitian menunjukan kepuasan pasien pada mutu pelayanan rumah sakit pada dimensi bukti fisik sebesar 88,3%, dimensi jaminan sebesar 86,7%, dimensi empati sebesar 85,0%, dimensi keandalan sebesar 81,7% dan dimensi daya tanggap sebesar 76,7%. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan di RSD Kabupaten Konawe Selatan kategori memuaskan
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Avicenna: Penelitian Sains dan Kesehatan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.